var id = "fc4d352285b4c0aa0c90e0d660310ef232792a07"; class="post-template-default single single-post postid-69 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Berikan Asupan Gizi Seimbang pada Anak untuk Dukung Tumbuh Kembangnya!

Sebagai orang tua tentu Anda akan merasa bingung dan agak dongkol ketika anak sering kali menutup mulut dan menolak untuk diberi makan. Hal ini bisa saja akan berdampak pada pertumbuhan si kecil, jika terus-menerus menolak makanan yang disuapkan untuknya. Oleh sebab itu, jangan biarkan masa tumbuh dan kembang si kecil terganggu hanya karena tidak ingin makan dan memilih-milih makanan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus memberikan makanan yang mampu membangkitkan nafsu makan buah hati.

Nafsu makan setiap orang dikontrol oleh hormon yang bernama ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin merupakan hormon yang dapat menambah nafsu makan seseorang, sebaliknya hormon leptin adalah hormon yang berperan dalam menurunkan nafsu makan si kecil dan menghambat rasa lapar.

Sebagai orang tua yang berperan penting dalam masa pertumbuhan si kecil, Anda dapat memperkirakan asupan kalori buah hati agar tidak kurang dari kebutuhannya. Kebutuhan kalori anak pun tidak sama, ini disesuaikan dengan umur, jenis kelamin, dan aktivitas fisik yang sering ia lakukan. Pada umumnya, anak-anak yang berusia dua hingga tiga tahun akan membutuhkan setidaknya 1.000 kalori per harinya, anak di usia empat sampai delapan tahun membutuhkan asupan 1.200 hingga 1.800 kalori per hari, dan anak berusia sembilan hinggal tiga belas tahun akan membutuhkan sekitar 1.600 hingga 2.200 kalori per hari. Jadi, jangan sampai asupan kalori untuk si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan kurang, ya!

dokter anak

Berkurangnya nafsu makan pada anak kecil ataupun orang dewasa disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda, misalnya stres, tegang, efek samping dari penggunaan obat, penampilan dan rasa makanan kurang menarik bagi si kecil, atau adanya kondisi medis tertentu yang tidak diketahui. Cara mengatasinya pun harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk membangkitkan nafsu dan selera makan si kecil. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Goda si kecil dengan aroma makanan

Anak-anak sangat senang dengan bau masakan yang harum, sehingga saat itu nafsu makan mereka akan bertambah. Anda bisa menyajikan makanan yang baru matang dan masih hangat pada si kecil guna menambah nafsu makannya, atau Anda juga bisa menghangatkan makanan sebelum disajikan pada anak.

  • Tampilan makanan menarik

Siapa yang tak suka ketika memandang makanan yang ditata rapi dan ditambah hiasan yang tampak lezat? Gugah nafsu makan anak Anda dengan membuat tampilan makanan yang menarik dan unik. Anak lebih suka dengan makanan yang memiliki warna, Anda dapat mengombinasikan sayuran dengan warna berbeda dan jangan lupa sajikan bersama karbohidrat. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi si kecil akan terpenuhi.

  • Batasi minuman

Jika si kecil banyak minum air saat makan, maka itu akan membuatnya merasa kenyang lebih cepat dan akhirnya ia tak mau menghabiskan makanannya. Sebaiknya hindari memberi banyak air minum saat si kecil sedang makan, lebih baik beri ia air usai makan.

  • Konsultasi ke dokter

Jika anak tak ingin makan sama sekali dan selalu menolak makanan yang Anda berikan, sebaiknya kunjungi dokter anak untuk berkonsultasi tentang masalah si kecil. Biasanya dokter akan meresepkan vitamin guna menambah nafsu makan anak Anda

Jangan biarkan pertumbuhan si kecil terganggu, lakukan beberapa tips di atas jika nafsu makan anak Anda berkurang. Dengan seperti itu, si kecil akan sehat dan terhindari dari penyakit.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>